Search for
Login | Username Password Forgot? | Email: | Create Account
Non English | Popularity: 1 | Entries: 144 | Modified: 29 minutes ago | | Add to My Feeds
http://pakacil.com/images/stories/2009/jepret/karamunting_3.jpg

Koran Harian Media Kalimantan

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa beberapa waktu yang lalu di Kalimantan Selatan telah terbit sebuah media baru, yakni Harian Media Kalimantan.

 

Sebagaimana tulisan terdahulu, pada kategori ini saya hanya berbagi informasi tentang keberadaan sebuah situs yang dimiliki oleh sebuah institusi/perorangan di Kalimantan Selatan yang secara pribadi nilai menarik dan/atau perlu untuk diketahui oleh publik.

Sebagai sebuah media baru di Kalimantan Selatan, ternyata Media Kalimantan Selatan juga memberikan layanan informasi dengan menggunakan website kepada para pembacanya. Website Media Kalimantan ini pada dasarnya menggunakan layanan dari issuu.com untuk format epaper-nya.

Ya… Media Kalimantan (-saat ini-) hanya memberikan layanan e-paper untuk koran versi onlinenya.

Kok bisa begitu…?

Yaa… mana saya tau…  toh tidak ada patokan sebuah koran itu harus menggunakan format apa untuk versi onlinenya. Yang jelas, versi epaper yang digunakan adalah sebagaimana versi cetaknya yang di “e” kan. Untuk Kalimantan Selatan sendiri, koran versi epaper ini, Banjarmasin Post sudah juga menggunakannya sejak beberapa bulan lalu.

 

Yang jelas, dengan hadirnya versi epaper dari Media Kalimantan, berarti bertambah juga sumber informasi bagi publik Kalimantan Selatan. Kenapa saya katakan hanya sumber informasi, dan bukan informasi? Karena statusnya memang sumber informasi, kalau persoalan informasinya alias isinya, silakan publik sendiri yang menilai, apakah sama dan/atau kurang lebih saja dengan media lain atau tidak.
Selain itu, tentu hadirnya Media Kalimantan di ranah online, akan memberikan satu lagi alternatif bacaan media, khususnya bagi publik Kalimantan Selatan, terutama yang tidak berlangganan koran sebagaimana biasa (versi cetak). Lumayan…

Kekurangan dari penggunaan epaper ini semata adalah, kesulitannya kalau ada rekan-rekan yang ingin melakukan perujukan sumber tulsan dengan menggunakan hyperlink sebagaimana biasa, jika memang mengambil sumber tulisan atau rujukan dari Media Kalimantan. Namun hal ini bisa saja dilakukan dengan mencantumkan atau menuliskan sumber secara jelas, tanpa harus menggunakan hyperlink. So, problem solved… alias no problemo
Sisanya, silakan akses dan baca sendiri Media Kalimantan Selatan.

Catatan:

Website Media Kalimantan (link)

Media Kalimanan Versi ePaper (link)

• Gambar diambil dari screenshoot Media Kalimantan


More from dBlog Mhd Wahyu NZ

Karedit 09 May 8
Migrasi Tahap 2 09 May 7

^ Back To Top