Search for
Login | Username Password Forgot? | Email: | Create Account
Non English | Entries: 29 | Views: 194 | Modified: 5 hours ago | | Add to My Feeds
Report

Saya dulu ikut fitness kira-kira 2 tahun. Tapi sekarang sudah berhenti, dan akibatnya perut jadi membesar. Apakah ada cara untuk mengecilkannya kembali?

Solusinya, dengan melakukan diet tanpa makan nasi, makanan gorengan dan minum manis. Lakukan olahraga Cardio hanya dengan melakukan jogging/treadmill dan sepeda statis masing-masing 45 menit, jangan melakukan angkat beban.


Saya sekarang sudah gemuk, tapi perutnya. Kenapa perut saya sedikit naik, apa karena kerja duduk terus? Memang saya jarang olahraga.

Kalau di binaraga phase penggemukan itu namanya bulking. Jadi badan digemukkan dengan asupan kalori tinggi supaya jadi besar dan tenaga juga besar. Nah, tenaga yang besar itu kemudian dipakai untuk berlatih berat supaya otot yang dilatih cepat rusak. Setelah rusak, otot diistirahatkan (48-72 jam) dengan dipenuhi kebutuhan proteinnya agar berkembang menjadi besar dan kuat.

Jadi kalau ingin sehat dan bisa tetap makan banyak, pergilah ke gym dan angkat beban mulai dari yang paling ringan untuk pemanasan sampai yang seberat-beratnya dengan catatan tehnik angkatan (Row of motion) harus benar. Jangan lupa istirahat yang cukup dan latihan cukup 3 x seminggu.


1. Tangan kiri saya terasa sangat lemah dan kurang tenaga. Kalau dibandingkan dengan tangan kanan, tenaga tangan kiri hanya setengah dari tenaga tangan kanan dan pada saat latihan, tangan kiri selalu merasa lebih cepat lelah dari kanan. Saya minta saran, bagaimana agar tangan kiri dan kanan tenaganya sebanding dan sama kuat.

2. Untuk menghilangkan perut buncit, dalam sehari saya makan cuma sekali, itupun nasinya sedikit, konsumsi hydroxycut (pagi 1 dan siang 2 kapsul kira-kira sejam sebelum makan), dan latihan 3x seminggu. apakah cara saya tersebut sudah benar? Bagaimana seharusnya yang saya lakukan agar perut buncit saya berkurang?

1. Mungkin Anda perlu coba latihan dengan dumbell. Berhubung tenaga kiri dan kanan belum seimbang, jangan gunakan beban yang berat dulu. Fokus di menjaga keseimbangan dulu. Beban ditambah sedikit demi sedikit (1 kg – 2 kg) per set.

Juga per sering latihan biceps, triceps dan shoulder. Latih bagian tangan sebelum melatih dada atau otot besar lain (punggung, kaki).

Latihan untuk tangan dibuat selang-seling, misalnya Senin: Biceps, Selasa: Triceps, Rabu: Shoulder, Kamis: ulang Senin. Minggu: Istirahat.

2. Perut buncit tidak bisa dihilangkan dengan makan hanya sekali. Ini diet yang berbahaya. Lebih baik Anda kurangi porsi makan, kalau perlu hindari makan nasi dulu, diganti karbohidrat lain, seperti kentang atau mie. Setelah porsi makan dikurangi, sebaiknya frekuensi makan ditingkatkan. Definisi makan itu tidak cuma makan nasi dan laukpauk. Tapi minum susu, makan roti sudah dihitung makan. Jadi misalnya, setelah lari pagi, minum susu + makan roti. Kemudian jam 10-an makan snack, atau kue-kue kecil, atau buah. Jam 12-an makan siang. Jam 2-an makan buah + susu. Jam 5-an makan malam.

Konsumsi pil diet seperti Hydrox sebaiknya dipusatkan di pagi saja, begitu bangun tidur (sebelum makan apa-apa).

Juga lakukan latihan di pagi hari, sebelum makan apa-apa. Jika waktu dan kondisinya tidak mungkin, cukup lakukan aerobik seperti jalan kaki, lari atau sepeda sekitar 15-30 menit. Jangan lupa latihan perut. Seperti crunches dan leg raises dengan repetisi tinggi. Sediakan waktu 30 menit untuk latihan perut. Tidak perlu tiap hari, cukup 2 hari sekali. Jangan lakukan side-bends dengan beban, kecuali Anda ingin memperlebar otot pinggang Anda. Dijamin setelah melakukan yang di atas, perut Anda akan mengempis.


umur saya 22 tahun, tinggi 160, berat 54kg.
apakah saya termasuk orang gemuk?
perut saya buncit, apa karena saya suka sekali tidur.
dlm sehari saya selalu tidur siang 2jam dan malam 8jam.
tetapi setiap pagi saya selalu berjalan kaki 3-5jam.
saya membaca tips2 diet selalu dilarang makan nasi, sedangkan saya orang indonesia yang belum dikatakan makan, jika belum makan yang dinamakan nasi.
bagaimana cara mengatasi buncit saya dan adakah olahraga atau tips supaya pipi saya tdk cubby? MAKACIH ;p Desi

Dear Desi,
Kalau menurut rumus berat badan 160-100 = 60 kg. Jadi belum gemuk tuh.
Mungkin sering begadang dan tidur subuh? Kalo iya berarti masalah atas perut buncit sudah ketemu. Pola hidup seperti itu juga dapat menimbulkan masalah pada liver.
Untuk pola makan, saya baru2 ini baca dari beberapa artikel katanya kalau kita makan nasi kira-kira 1 jam sebelum olahraga tidak akan menjadi timbunan lemak karena malah akan jadi sumber energi (sesudah dicerna langsung terpakai). Ini boleh dicoba karena karbohidrat itu merupakan sumber energi alami dan menurut saya cukup penting dalam dunia per-fitnes-an. Jadi ya harus banyak olahraga
Kalau pipi chubby biasanya karena ada lemak, pernah lihat nga binaragawan ada yang chubby. Tidak ada. Nah, olahraga yang banyak gerak dibutuhkan agar lemak terbakar.
Untuk menghilangkan lemak bisa olahraga cardio. Lari dan jalan atau bisa juga aerobik. Yang penting detak jantung, badan terasa hangat dan hitungan kalori (kalo ada di mesinnya). Sebagai catatan, untuk cardio jangan hanya dilihat waktunya karena lari 10 menit dan jalan 10 menit tentu berbeda hasil. Jadi yang dilihat itu jumlah kalori yang dibakar. Semakin banyak kalori yang dibakar semakin banyak lemak yang terbakar. Lalu bisa juga sit up untuk mengecilkan perut. Kalau perut buncit agak susah, perlu extra kerja keras. Selain olahraga juga menjaga pola makan dan pola hidup (jangan tidur terlalu malam), maksimal jam 11 udah tidur.
Kalau mau dicoba, latihan aja seperti ini.
Senin. Latihan Cardio + dada + Bicep + sit up or crunch (perut atas)
Selasa. Latihan Cardio + Bahu + Tricep + perut bawah
Rabu Libuurrr…. .
Kamis. Latihan Cardio + Lats (sayap) or Back + Bicep + sit up or crunch
Jum’at. Latihan Cardio + Squad (kaki)==> bagus buat pantat juga neh + tricep + perut bawah
Sabtu & Minggu khusus cardio or khusus perut or khusus tangan or kalo capek
libur.
lamanya latihan dalam sehari 1 1/2 s/d 2 jam
Cardio bisa diganti dengan aerobik, biasanya untuk menguruskan badan bagi wanita adalah aerobik.


olah raga apa supaya badan tidak melar/lebar? dan cara membentuk bahu agar indah. Angel

Dear angel,
Agar badan tidak melar/lebar, kamu harus banyak olahraga cardio, seperti lari, aerobik, renang, bulutangkis, dll. Yang penting ada pembakaran lemak. Dan kalau bisa jangan suka makan waktu malam, karena makanan yang dimakan setelah jam 10 malam tidak akan diproses sebab itu waktunya tidur. Waktu tidur, semua organ istirahat, fungsi hati juga istirahat mulai dari jam 11 sampai jam 1 malam. Untuk membentuk bahu agar indah, ya itu tadi, olahraga aerobik dan renang agar bahu menjadi kencang. semoga bisa membantu.


umur saya 17 tahun berat saya 57kg dan tinggi 155cm.
apakah saya sudah termasuk gemuk dan masih bisakah saya tinggi serta bagaimana caranya? perut saya kecil, tapi pinggul dan tangan saya agak besar. bagaimana ya cara agar tangan saya menjadi agak kecil? dan pinggul saya tidak terlalu besar karena susah untuk mencari ukuran celana! jawab ya…………… Amoy

Dear Amoy,
Kalau untuk masalah kegemukan, dari perhitungan 155-100, maka berat idealnya kira-kira 55. Jadi belum gemuk sih, cuma memang kalau pendek, maka seseorang kelihatan gemuk. Kalau untuk bentuk pinggul dan tangan yang agak besar, kemungkinan besar itu cuma masalah sudut pandang saja (menurut saya). Tapi itu semua masalah bentuk tubuh yang memang sudah kita terima dari yang di atas. Kalau tinggi badan itu tergantung dari asupan gizi kita dan faktor keturunan. Tapi usia Anda masih muda, kemungkinan bertambah tinggi masih ada. Caranya bisa dengan berolahraga misalnya renang, basket, dll. Semoga bisa membantu.


saya PUNYA masalah dengan perut saya viz, agak gemuk. bukan agak , tapi dah gemuk. bagaimana menghandle-nya.Apakah Jogging bisa membantu? or main bola setiap hari? Ridwan

@Ridwan
Kalo soal masalah perut, itu masalah pola makan. Kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang dipakai. Caranya dengan banyak olahraga dan pola makan diperbaiki. Untuk membuat perut menjadi mengecil pada dasarnya adalah harus membuat lemak terpakai, sehingga akhirnya lemak diperut ikut terambil untuk mengeluarkan energi. Jogging dan aerobik bisa membantu karena itu adalah olahraga cardio. Pokoknya olahraga apa saja bisa, yang penting kalori dalam tubuh kamu terbakar.


saya 20 tahun, 80 kg / 175 cm.
kalau dilihat2 spertinya lengan bawah saya kecil,jd kayaknya ga proporsional ama lengan atas.
kira2 gerakan apa ya yg bisa bikin lengan atas ama bawah proporsional? apa lengan atas yg dikecilin,atau yg bawah digedein? makasih atas jwb nya. Arief

@Arief,
kalo masalah tangan yang kecil kemungkinan itu karena tulang Anda yang kecil, paling harus diganti dengan otot yang semakin besar karena tulang tidak bisa membesar.


Mass….. kenelin saya anwar anak tegal…aku punya msalah yaitu punya perut yang melebar dan membesar. usia saya 18 thun. tinggi saya 158. dan berat saya 70. aku minta solusinya donk biar ukuran saya normal. cara diet yg baik gmn cih??/ trus biar perut aku g besar dan melebar loh, thanks atas solusinya.

Dear Anwar,
Kalo dilihat di berat badan dan tingginya, memang gemuk (70: (1,58 x 1,58) = 28,04, kalo menurut BMI (Body Mass Index) Anda termasuk overweight (rangenya 25 - 29,9). Paling tidak berat Anda harus 60 kg baru menjadi normal 60: (1,58 x 1,58) = 24 (18,5 - 24,9). Kamu usianya masih 18 tahun, jadi masih bisa bertambah tinggi. Salah satu caranya, banyak berolahraga, misalnya basket, renang, dll. Kalo untuk pola makan, agak kurangi makan nasi (karbohidrat), apalagi bakmi, makanan gorengan dan minum manis. Kalau sesudah makan jangan minum teh manis. Jangan makan setelah jam 10 malam. Setelah makan jangan langsung tidur, dan jangan suka ngemil. Lakukan olahraga Cardio hanya dengan melakukan jogging/treadmill dan sepeda statis masing-masing 45 menit, jangan melakukan angkat beban. Kamu juga bisa sit up untuk mengecilkan perut, coba baca postingan mengenai crunch. Latihan cardio itu tidak hanya membakar kalori lho, tapi juga membantu jalannya aliran darah dan fungsi jantung. Olahraga apa pun yang kamu lakukan, lakukan dengan konsisten, baru akan kelihatan hasil. Yang penting harus olahraga dan makan yang benar. Semoga membantu.


saya tinggi 166 berat 51.
saya ingin menggemukkan badan tapi ternyata perut yang membuncit dan pipi makin tembem dan pinggul lebar.lengan bawah tetap kecil dan badan juga tetap kecil. bgm caranya agar sy bisa gemuk dgn seimbang?dan cara mengecilkan pipi yg tembem?olahraga2 apakah itu?dan makanan dan minuman apa2 sj yg bagus tuk saya komsumsi? mohon dijelaskan secara detail.terima kasih. Denice

Dear Denice,
Sebenarnya kalau untuk gemuk tanpa olahraga itu berbahaya. Jadi badan yang kecil itu harus diperbesar dengan mengubahnya menjadi otot. Banyak orang yang fitness badannya dari kecil menjadi besar. Tapi isinya otot, bukan lemak. Nah Kamu jadi gemuk tapi lemak semua, dan biasanya ngumpul di pipi dan perut. Jadi untuk untuk bisa “gemuk otot” bukan “gemuk lemak”, kamu harus ikut fitness. Coba deh baca semua postingan saya biar kamu dapat general ideanya. Kayanya untuk masalah kamu udah banyak yang nanya deh di sini. Thanks.


hai hai, kata orang-orang saya kurus. tinggi 158 dan berat 47.masalahnya perut saya kok gemuk ya, jadi tidak berani pakai kaos ketat karena perutnya akan ketahuan berlipat dan tidak cantik dilihat. Saya memang tidak suka berolahraga. Adakah aktivitas tertentu yang bisa saya lakukan untuk merampingkan perut saja? Padahal sehari-hari saya selalu berusaha tegak dan mengempiskan perut lho. Terimakasih. Feby

Dear Feby,
Kata orang kurus ya, coba kita hitung ya. 47:(1,58 x 1,58)=18,8. Hasilnya normal (18,5 - 24,9). Nah, berarti ada tumpukan lemak di perut. Gimana kalo sit up setiap hari. Mulai dulu dari 10 kali, lalu besoknya 15, dst. Sampai 100 kali setiap hari kalau bisa. Lalu jangan terlalu banyak makan bakmi, karena karbohidratnya tinggi dan jangan makan di atas jam 10 malam. Semoga membantu.


hello.. saya berat 70 tinggi 173.. mayan gemuk seh..haha..tau gk gimana caranya kecilin pipi yg tembem?? kalo lari2 gitu bisa gk yah?? thx!! :) Nita

Wah nita cukup tinggi ya, bisa jadi foto model dong. Kalo menurut perhitungan BMI sih masih normal ya 23.4 (18,5-24,9) - tapi uda mendekati overweight lho, he he he. Pipi yang temben bisa jadi karena keturunan kali ya, tapi bisa kok kecil kalau berat badannya turun. Olahraga lari/jogging kan termasuk cardio, jadi bisa kalau konsisten. Bisa juga aerobik. Cardio itu tidak hanya supaya kurus lho, tapi juga bagus untuk kesehatan jantung, jadi kurus sekaligus sehat, siapa tahu bisa jadi foto model.


hai michael, mau tanya ni,gimana si biar tangan atas saya mengecil, soalnya saya sudah diet karbohidrat, makanan manis dan banyakin makan protein dan makan dalam porsi kecil, perut sih mengecil, berat juga turun, dah turun 3 kilo dalam 2 minggu.tapi saya perhatiin yang mengecil cuma perut, padahal yang paling mengganggu itu ukuran tangan, apa memang begitu proses pengurusannya waktu diet? saya juga ada latihan aerobic sih, tapi jarang, karna sibuk. Nah biar bisa mengecilkan lengan lebih cepat gimana yah caranya? jadi mulai ragu nih, saya sering gagal diet gara2 patah semangat >. Ayu

Dear Ayu, Jangan putus asa dong. Lihat aja, dalam dua minggu turun 3 kg, berarti kan berhasil. Berarti masih ada lemak yang menumpuk di lengan, tapi memang bisa juga karena tulang kamu yang besar, jadi walaupun lemak sedikit, tangan kelihatan besar. Yang penting berat badan kamu ideal aja. coba lihat cara menghitung BMI di postingan ini, udah banyak yang nanya kok. oke.


Makasih tapi saya masih mau tanya nih!tangan kanan saya entah kenapa bisa keseleo,jadi tiap kali angkat dumbel setelah set ke 3 sdh sangat perih!gimana yah solusinya?apakah gakpa2 klo trus angkat dumbel?dan berapa kg baru otot mulai terbentuk? dan saya cewek dan katanya cewek lebih sulit untuk membentuk otot,jadi apa yg sebaiknya saya makan atau konsumsi spy cepet terbentuk!thanks! Denice

@ Denice
Kalo masih sakit ketika angkat dumble artinya masih keseleo atau cedera, jadi jangan angkat beban dulu, mungkin bisa diurut oleh tukang urut, lalu istirahat dulu 1-2 minggu. Jangan dipaksa, nanti malah jadi runyam. Kalau untuk wanita, saya kurang familiar ya. Yang penting tangannya harus sembuh dulu baru angkat beban lagi.


gabung donk kenalin nama aku tian umur aku 17 thn mbak or mas nih ya aku pengen minta solusi nih kenapa ya pertumbuhan body aku cepet bgt mending kalo tingginya iya itu cih cuma gemuknya aja jadi kelihatannya endut bgt tinggi aku 150 berat aku 49 tuh kan g ideal bgt duuh aku mesti gimana donk biar pertimbuhan bentuk badan aku g cepet gemuk???? padahal makan udah aku pantang tapi masih tetep aja. thx ya

@ Tian
Beratnya masih ideal ya, tapi mungkin karena perutnya endut jadi merasa gemuk. Harus olahraga yang banyak, contohnya jogging, aerobik. Tiap pagi jogging aja biar sehat, terus jangan makan malam di atas jam 10. Semoga membantu.


hi,,,…saya feni 17th tinggi 164 berat 46,,duh pendek n kurus kan ,,,,,!!!!!!kasih solusui donk gimana cara biar lebih tinggi n lebih gemukan dikit,,,
thanks,,,,,, Feni

hi Feni, pertama-tama coba baca artikel ini: http://www.sportindo.com/page/120/Food_Nutrition/Articles_Tips/Fat_Level_Point.html
Disitu dijelaskan bahwa kemampuan tubuh orang untuk menyimpan lemak berbeda2, itu yang menyebabkan seseorang bisa kurus atau gemuk padahal keduanya memiliki pola makan yang sama. Kemudian, artikel kedua disini: http://www.sportindo.com/page/121/Food_Nutrition/Articles_Tips/Bagaimana_menambah_berat_badan_ideal.html
menjelaskan kenapa makan banyak atau makan sebelum tidur, tidak bisa membantu menambah berat badan kita. Kita harus tetap makan sedikit tapi sering supaya tubuh bisa optimal menyerap nutrisi yang masuk. Terakhir, berolahraga lah, yang terpenting adalah angkat beban untuk membentuk tubuh yg ideal. Olahraga selain angkat beban, justru akan membuat kamu lebih kurus. Hanya angkat beban yg bisa menambah berat badan dan membentuknya menjadi lebih ideal.
Untuk referensi kamu juga bisa buka www.bodybuilding-fitness101.com


hai… saya berniat latihan body building, tapi saya juga maen musik yg butuh kelincahan jari. Pertanyaan saya apakah latihan beban itu bisa membuat tangan jadi kaku sehingga mengganggu kelincahan untuk maen gitar?Mohon penjelasannya… Makasih. Tony

@ Tony,
Pada dasarnya semua olahraga itu tidak berbahaya, malah menyehatkan. Justru kalau kita jarang atau tidak pernah berolahraga, otot-otot akan kaku. Setahu saya, belum pernah ada tuh kasus orang yang fitness sampai tangannya kaku, tapi kalau misalnya kamu lagi latihan tangannya tertimpa dumbell ya bisa ‘kaku’ tuh he…he…he… Nga lah, jangan kuatir Ok. thx.

Hallo .. saya ingin tanya apakah olah raga treadmill bisa mengurus kan berat badan ? Kalo saya hanya jalan saja di mesin treadmill selama 1 jam apakah bisa menguruskan juga ? Lebih baik jalan atau lari yah di treadmill soalnya saya tidk sanggup lari2 terus2an.
apakan treadmill baik jalan mau pun lari bisa membuat pinggul dan betis jadi tambah besar ? gimana cara mengecil kan pinggul, tangan dan perut ? Cynthia

@Chyntia,
Olahraga treadmill memang termasuk olahraga yang disarankan untuk menurunkan berat badan yang disebut cardio. Yang termasuk cardio adalah treadmill, sepeda statis, aerobik, dan rider. Kalau memang tidak sanggup lari terus, jalan juga bisa, cuma pembakarannya tidak sebesar kalau lari. Lari tidak akan membuat pinggul dan betis jadi besar, tapi bisa membuatnya makin kencang. Kalau tangan, dan perut yang besar, itu biasanya karena keturunan. Biasanya itu berarti tulang kamu besar, jadi kelihatannya besar, padahal kurus. Untuk pinggul, ada orang yang memang punya pinggul besar, padahal badannya kecil. Untuk mengecilkan pinggul, kamu harus banyak cardio supaya lemak yang ada di pinggul hilang, paling tidak itu membuat pinggul kamu kencang dan kecil. Mungkin bisa juga dengan pilates. semoga membantu.


Alo…..sya ochi umur 15,
Tinggi sya 166 brat bdn 57,apkah normal?

@Ochi, BMI Anda 20.6 termasuk normal. Status berat yang normal adalah antara 18,5 kg - 24,9 kg.


allo sy fia 17 tHN
berat badanku 57 tinggi 157
itu ideal g??
terus cara ngecilinpipi,paha, ma lengan gimana???

@fia,
Untuk tinggi segitu, berat badannya masih ideal. Kalo pipi yang besar ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, memang kamu punya muka chubby, yang kedua karena gemuk. Tapi melihat berat badan yang masih ideal, kemungkinan pipi kamu memang sudah chubby. Jadi ya, kalaupun pipi mengecil, tetap terlihat chubby, kecuali kamu kurus di bawah berat badan ideal, misalnya 50kg, kayanya masih normal. Tapi jangan sampai di bawah 50 kg. Kalo paha, wanita memang kebanyakan punya paha besar, makanya kalo pakai celana jeans lebih bagus dibandingkan pria. Untuk ngecilin paha dan lengan sih biasanya dengan cara olahraga cardio seperti aerobik, tapi jangan sepeda ya, karena itu kan memakai paha. Kalo bisa aerobik aja. Lengan juga kalo besar bisa jadi karena tulangnya memang besar, jadi walaupun kurus, tetapi tidak terlihat kurus karena tertolong tulang yang besar. Ya kesimpulannya, kalo mau lebih kurus harus banyak olahraga, misalnya jogging, aerobik, yoga, pilates, yang tidak menggunakan paha ya.


saya mempunyai betis yang besar bagaimana agar dapat ramping dan kecil tapi, tidak mengeluarkan biaya yang besar seperti olah raga dan yang lain terima kasih. Ersya

@ersya,
betis besar? Itu bisa dibuat kecil dan berotot dengan cara, jinjit kaki kamu lalu turunkan ke bawah berulang-ulang, satu persatu, kiri dan kanan. Kalo bisa naikkan kaki ke atas sebuah kotak yang lebih tinggi, dan jinjit kaki kamu. Nah kalo terus rajin, nanti betis akan menjadi mengecil dan berotot.

alo,aku vira.umrku 16th.brt sya 49 dan tinggi sy 158.apakah terlalu gemuk???lalu bgaman cara mengesilkan lengan dan betis sya yg ukurnnya cukup besar ini??cz sring gk pd klau klwr pke clna pndek atw bju lengn pndek.mksh.


@Vira,
Untuk tinggi segitu dan berat segitu, masih normal. Melihat tinggi dan berat badan segitu tapi punya lengan dan betis yang cukup besar, artinya kemungkinan tulang kamu besar, jadi walaupun kurus, kelihatan gemuk. Ada orang yang memang pahanya sudah dari sananya besar. Ya kalau bisa aerobik aja. Kalo untuk betis lihat aja jawaban saya buat ersya di atas.


umur saya 19thn, tinggi 176 dan berat 70kg. Dulu pernah berat saya mencapai 102kg, karena diet tapi serba ngawur,ha3.. perut, paha, pinggang, pipi, semuanya jadi kecil. hanya satu yg saya sesalkan, lengan atas gak ikutan kecil. Mungkin bisa juga tulang yg besar, tapi itu kok “ngglambir” ya? Kata temen, masa lemak lbh besr drpd masa otot (haduh gak taw saia).. Cara mengecilkan (lemak->otot) khusus lengan atas gimana yach? terimakasih….Eric

@Eric,
Dalam hal menurunkan atau menambah berat badan memang tidak boleh terjadi secara drastis. Kalau dari kurus menjadi gemuk drastis, kaki kamu akan keberatan karena belum sempat beradaptasi, dan akibatnya bisa ke tulang. Kalau dari gemuk langsung jadi kurus dengan drastis, akibatnya akan ada selulit dan menggelambir. Kalau selulit agak sulit menghilangkannya, tapi kalau menggelambir agak mudah, kamu cukup latihan biceps aja untuk mengubahnya jadi otot. Beli aja dumbbell, lalu latihan misalnya Standing Dumbbell Curls, Seated Dumbbell Curls, atau semacamnya. Nanti lama kelamaan dia akan berubah menjadi otot. Bisa juga ditambah push up, biar otot tangan dan dada mengencang. Sebenarnya lengan tangannya bukan dikecilkan, tapi diubah jadi otot. Kamu kan cowo, jadi kalo lengannya besar berotot bagus.


Dear Admin, mau nanya nih.. Tinggiku 162 BB 68, kalau dihitung ukuran segitu normal gak sih? kalau nggak, gimana biar bisa turun sampai normal? Kasih saran yah… oya, latihan hoolahoop 5 menit sehari bisa membantu menurunin BB ga? Pantatku termasuk gede, gimana cara mengecilkannya? Thanks. Phawita

@Phawita,
Kalo dihitung sih bmi kamu 25,9, termasuk overweight (25-29,9). Untuk normalnya berat kamu seharusnya 60-65 lah. Kalo untuk cewe kaya kamu, aktivitas yang cocok untuk nurunan berat badan ya aerobik, dan olahraga cardio lainnya seperti lari/jogging atau renang. Kalo usia kamu masih remaja (15-18 tahunan) mungkin masih bisa tinggi, jadi nanti tubuhnya jadi proporsional dengan berat segitu (asal jangan nambah berat badan aja. he…he…he…).
Latihan hoolahoop memang dipercaya bisa membakar kalori, dan karena itu bisa menurunkan berat badan. Main hoolahoop selama 5 menit (tiap 2 jam sekali) setiap hari tidak akan membakar banyak kalori tapi itu akan membuat metabolisme kamu terus berjalan sepanjang hari dan otomatis akan membakar lebih banyak kalori
Biasanya kira-kira akan membakar 450 kcal perjam. Coba deh pake hoolahoop yang diameternya 90an senti, jangan pake yang anak-anak.
Caranya: berdiri di tengah hoolahoop. Hoolahoopnya harus berada di antara perut dan puting kamu, atau boleh juga di pinggang. Semakin kita gemuk, kita harus memakai hoop yang lebih besar. Hoop yang lebih besar akan berputar lebih lambat, membuatnya lebih mudah. Kalo semakin kecil berputarnya lebih cepat, jadi lebih menantang, tapi itu lebih baik untuk olahraga
Kalo untuk pantat, mungkin bisa diperkencang dengan latihan pilates atau body language.


Dear Admin, nanya sekali lagi boleh ya.. Ada yang bilang olahraga dengan hoolahoop bisa bikin pantat malah tambah besar, apa benar? Untuk menurunkan berat ke normal, diet apa yang tepat untuk saya? Beri saran menu makanan yang tepat. Terima kasih sebelumnya. Phawita

@Phawita,
Ada yang bilang? Siapa tuch? Kalo yang namanya olahraga, malah makin kenceng dong, lebih bagus.
Untuk menurunkan berat ke normal, saya cuma bisa kasih kamu langkah-langkah di bawah ini, coba dilakukan, ini adalah cara diet yang kudu kamu perhatikan, karena untuk menurunkan berat badan harus konsisten dan bertekad kuat, jadi perlu usaha yang signifikan lho. Coba menu makanannya kamu atur sendiri setelah membaca langkah-langkah ini, karena makanan ‘kan kamu sendiri yang atur, yang penting prinsip-prinsipnya ada di bawah ini, oche…
1. Catat status awal tubuh Kamu, ukur lingkar pinggang, paha, lengan dan dada Kamu. Timbang berat Kamu, dan sebisa mungkin cari tahu berapa persen kadar lemak d tubuh Kamu. Hal ini sangat penting untuk mengukur kemajuan usaha kita dan mengevaluasi apabila ada kekurangan.
2. Tentukan sasaran yang realistis dan jelas seperti turun 2-3 kg pada bulan pertama. Jangan berharap turun 10-15 kg dalam bulan pertama. Semakin realistis sasaran Kamu, dan ketika Kamu berhasil mencapainya, motivasi Kamu akan lebih kuat untuk melakukan langkah-langkah berikutnya.
3. Mulailah berolahraga. Apapun olahraganya lebih baik daripada tidur di rumah. Untuk Kamu yang ingin menurunkan berat badan, Kamu harus benar-benar bisa menginvestasikan waktu Kamu untuk mencapai sasaran. Saran saya, berlatihlah dengan angkat beban dan akhiri dengan cardio di atas treadmill. It’s the best. Satu lagi, usahakan Kamu benar-benar serius dalam berolahraga, jangan hanya bergabung ke gym untuk duduk-duduk sambil ngobrol dan sesekali mengangkat beban.
4. Kita lihat ulang makanan Kamu. Bagian ini adalah yang terpenting. Berapa kali Kamu makan dalam sehari? Banyak yang diet dengan ‘mengurangi makanan’ padahal seharusnya mereka ‘mengurangi kalori’. Kurangi kalori Kamu, sebagai contoh, dari 2500 kalori sehari, sekarang Kamu makan hanya 2000 kalori. Itu lebih baik daripada Kamu turun dari 2500 kalori menjadi 1000 kalori. Kekurangan kalori akan membuat tubuh Kamu masuk ke mode bertahan hidup (kurang gizi), sehingga dia tidak akan mau membakar lemak. Hasil akhirnya, mengurangi makanan terlalu drastis tidak akan bisa menurunkan berat badan Kamu. Tubuh menurunkan metabolismenya bisa kita amati secara jelas ketika kita mencoba mengurangi makan, dari 3x menjadi 2x sehari. Pada awalnya kita akan merasa lapar, tetapi setelah berjalan 1-2 minggu, kita akan terbiasa, dan tidak akan lapar lagi walaupun kita makan cuma 2x sehari. Rasa lapar menghilang adalah tkamu bahwa tubuh membakar kalori lebih sedikit lagi. Semakin lama kita lakukan hal itu, tubuh kita akan semakin beradaptasi dan berat tidak akan turun.
5. Makanlah 5-6x sehari. Biasa orang normal makan 3x sehari, tetapi pada kenyataannya, tubuh kita di design untuk makan lebih dari itu. Ketika kita sarapan jam 7 pagi dan makan jam 1 siang. Kita akan merasa lapar jam 10. Begitu juga jam 1 siang kita makan, dan makan malam jam 7 malam. Sekitar jam 4 sore kita juga sudah merasa lapar. Lapar-lapar itu biasanya kita isi dengan junk food. Junk food adalah makanan dengan kalori tinggi tetapi tidak mengenyangkan, inilah yang menjadikan kita gendut. Nutrisinya sangat minim tetapi nilai kalorinya sangat tinggi. Isilah waktu snack ini dengan snack yang bergizi tinggi, misalnya apel + susu skim. Atau kacang almond dengan apel. Sehari makan 3x dengan snack 3x sehingga total adalah makan 6x, itu lah cara yang pasti untuk membuat metabolisme kita tetap stabil dan akan membakar lemak lebih cepat. Ketika tadi Kamu menurunkan kalori dari 2500 ke 2000 saja, bagilah 2000 kalori menjadi 6x makan. Sekali lagi, Kamu mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan, bukan mengurangi frekuensi makan.
6. Pilihah makanan yang seimbang, jangan menganaktirikan salah satu jenis nutrisi. Lemak harus dikonsumsi tetapi pilihlah lemak baik seperti kacang-kacangan, ikan, advocado, olive oil atau canola oil. Gunakan suplemen seperti omega 3 untuk membantu melengkapi lemak baik Kamu. Lemak sangat diperlukan untuk melarutkan berbagai vitamin, lemak juga diperlukan untuk kestabilan hormon tubuh.
7. Makanlah protein dalam jumlah yang cukup. Sumber-sumber protein adalah ayam, ikan, daging, tahu, tempe, telur (putihnya), kacang-kacangan. Apabila Kamu benar-benar ingin menguruskan tubuh, jumlah protein ini harus cukup tinggi.
8. Untuk menurunkan berat badan, tentunya kita harus tahu, bahwa selama tubuh kita masih menggunakan karbohidrat sebagai sumber tenaganya, maka tenaga dari lemak adalah cadangan saja. Cadangan tidak akan dipakai selama energy utamanya masih ada. Jadi pengurangan karbohidrat pada umumnya sangat berhasil membantu menurunkan berat badan. Jangan mengganti nasi dengan mie, itu adalah mubasir, karena keduanya sama saja. Yang perlu diketahui adalah karbohidrat paling penting adalah ketika kita setelah selesai berolahraga. Kamu harus mengkonsumsi karbohidrat di waktu setelah selesai olahraga. LANGSUNG. Setelah itu, pagi hari juga boleh tetapi gunakan jenis-jenis karbohidrat yang baik.
9. Kenalilah jenis-jenis karbohidrat yang baik. Karbohidrat yang baik adalah yang lambat diserap oleh tubuh. Biasa dikenali dengan index glikemiknya. Gula termasuk berglikemik index tinggi, jangan menggunakan gula untuk memasak. Gantilah dengan gula tropicana atau stevia.
10. Konsumsilah serat. Kamu lebih baik mengkonsumsi apel buah daripada apel yang diblender menjadi jus apel. Proses blender membuat serat apel hancur. Makanlah juga sayur-sayuran. Serat sayur berfungsi untuk memperlancar saluran pencernaan Kamu, juga membantu supaya penyerapan dari kalori Kamu semakin lambat.
11. Minumlah air yang cukup. 2.5 liter per hari adalah wajib.
Saran saya, perhatikan benar-benar untuk langkah-langkah di atas. Itu adalah ringkasan yang paling sederhana yang bisa saya berikan untuk membantu Kamu menurunkan berat badan tubuh. Apabila berat Kamu belum turun juga selama ini, coba cek 11 langkah ini, pastikan nga ada yang kelewatan, soalnya kalo masih kelewatan, berarti kelewatan banget, he…he…he…. Semoga membantu.


Hai mau tanya umur saya 26 niTinggi saya 162 Berat saya 62 Waduh itu uda gendut yah. saya uda nggak pede nih dengan bentuk badan saya,gimana yah to mengecilkan perut, n lengan n pinggul saya besar saya takut suami saya melirik yang lain he…he…
gimana yah solusinya saya mau keliatan badan saya enak diliat terutama to suami makasih. Gita

@Gita,
Setahu saya Gita ‘kan baru lulus SMP ya, kok uda kawin, o iya, itu mah Gita Gutawa ya. (Sori, he…he…he…)
Kalo menurut perhitungan BMI sih, berat badan dengan tinggi segitu sih masih normal 23,62 (normal 18,5-24,9). Tapi mungkin nga proporsional kali ya, karena perutnya besar.
Untuk mengecilkan lengan coba lihat di situs saya yang lain http://binaraga101.blogspot.com/2008/07/mengecilkan-lengan-dan-paha.html
Untuk mengecilkan perut kamu bisa coba lihat di
http://binaraga101.blogspot.com/search/label/Menurunkan%20Berat%20Badan
Pokoknya lengkap dech.


mohon petunjuk step by step cara mengecilkan lengan dengan cepat dan efektif..? rrus olahraga seperti apa yang berfungsi sbg pembakaran lemak yang bisa secara rutin dilakukan..? Lulu

@Lulu,
Kalo cara cepat nga ada ya, kecuali tukang sulap, yang penting harus bertekad dulu untuk mengecilkan lengan itu. Lalu yang harus kamu tahu adalah, untuk mengecilkan bagian-bagian tubuh tertentu itu tidak mudah, karena tubuh sendirilah yang mengatur pembakaran lemak di bagian mana pun. Kita tidak bisa mengatur yang mana mau kurus duluan atau yang mana mau gemuk duluan. Pernah nga kamu kenal dengan orang yang gemuk dan kemudian berhasil menurunkan berat badannya cukup banyak sehingga badannya jadi kurus. Kemudian kita lihat pipinya juga ikut mengecil. Kamu mungkin bertanya, gimana sih dia melatih pipinya sampai jadi kurus seperti itu? Pastinya tidak mungkin melatih pipi dengan beban kan?
Jadi waktu kamu latihan, baik itu latihan beban atau aerobik untuk menurunkan berat badan, lengan tentu saja penting untuk dilatih, tetapi jangan terlalu fokus latihan lengan tiap kali datang ke gym dengan harapan lengan akan mengecil duluan. Itu sama sekali salah. Latihan lengan cukup satu kali saja seminggu karena dengan latihan otot yang lain seperti dada, punggung ataupun pundak, tangan kita juga pasti akan terlatih. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan menurunkan lemak kamu, lakukan latihan beban secara keseluruhan. Berlatih beban disarankan fokus kepada otot-otot besar seperti dada, punggung, pundak dan kaki. Melatih otot besar itu akan membakar lebih banyak kalori sehingga hasilnya adalah lemak tubuh Anda akan semakin berkurang, dan pada akhirnya lemak di lengan juga akan berkurang.
Kalo olahraga untuk membakar lemak secara rutin, kamu tinggal ikut aerobik deh, tapi ingat yang mana dulu yang kurus, nga bisa ditentuin, tubuh yang mengatur, yang penting kamu terus tekun, pasti bagian yang kamu arahin akan mengecil.


btw
aku mau tanyak
dulu aku udah kecil tapi gemuk lagi la semua bajuku tidak cukup…
bgmn crnya???
smp pusing nih???~!!!!! Iga

hmm… boleh ikutan nanyak ya…
btw…. dulu waktu aku kelas enam aku gendut sekali beratku 57 tinggiku 150, hbs gitu aku diet dan aku menjadi kurus beratku 49 hoho… terus waktu aku umur 15 tahun beratku 56 n tinggiku 154.. because kan Unas nih jadi makanku buanyak… bajuku semua ga cukup… dan aku takut unutk pergi keman22 ga pd gitu…. di bagian lengan tangan, paha, dan pantat ku besr sekali…
bgmn ya caranya saya bisa kembali ke beratku yang dulu.. setiaphari akuh hmpr mau mengis karena menyesal… bntt aku dong??? bgmn ya??? Dila

@ Dila dan Iga,
Orangnya beda, tapi masalahnya mirip.
Pertama, kalian berdua harus memutuskan untuk memulai diet!! Buat dua rencana untuk memulainya. Yang pertama adalah mulai berdiet, dimulai dari mengurangi gorengan, memilih roti gandum untuk camilan, menambah jatah sayur dan buah. Rencana kedua adalah, mulai berolahraga, misalnya jogging di sekitar rumah pada pagi hari, sampai bergabung dengan klub-klub kebugaran untuk mengikuti berbagai macam kelas seperti yoga, RPM, Body Pump dan lain sebagainya. Terus, ada yang harus kalian berdua perhatikan:
Sebenarnya, diet, olahraga, apapun cara yang kita pilih untuk menurunkan berat badan, kuncinya adalah metabolisme tubuh kita. Metabolisme tubuh kitalah yang mengatur pembakaran kalori kita. Cara diet yang salah, seperti mengurangi makan atau mengurangi kalori dengan harapan berat akan turun malah akan membuat metabolisme tubuh kita melambat. Kalau metabolisme melambat, artinya akan sedikit kalori yang dibakar oleh tubuh. Tidak berolahraga juga bisa melambatkan metabolisme tubuh. Jadi kalian berdua harus memusatkan perhatian untuk menaikkan metabolisme tubuh agar kalori yang dibakar banyak. Cara untuk menaikkan metabolisme tubuh ada dua, yaitu:
1. Mengatur pola makan, diperlukan 5-6x proses mencerna supaya metabolisme kita kembali naik ke titik normal. Pengurangan frekuensi makanlah yang menyebabkan metabolisme turun. Usahakan untuk mengurangi makan melalui jumlah kalorinya bukan frekuensinya (frekuensi makan kalian bisa diubah jadi 5-6x, tapi kalorinya tetap – ini akan mempercepat metabolisme tubuh kalian). Dan lakukan juga pengurangan kalorinya secara bertahap. Karena penurunan yang terlalu drastis akan merusak metabolisme kalian sekali lagi.
2. Mulailah bergerak, badan yang tidak pernah berolahraga akan mempunyai metabolisme yang lambat. Berolahraga apapun itu bentuknya, masih jauh lebih baik daripada tidak bergerak dan hanya duduk di kantor atau di meja makan, dan sisanya di ranjang untuk menonton TV sebelum tidur.
Dua hal ini adalah pusat perhatian kalian sebelum memulai usaha menurunkan berat badan. Setelah kalian berhasil mengkoreksi dua masalah ini, mulailah mengatur pola makan kalian dengan lebih baik, seperti memilih menu yang lebih sehat, karbohidrat dengan glikemik index yang lebih rendah, protein yang cukup dan lemak sehat setiap harinya. Ingatlah bahwa metabolisme adalah pusat mesin di dalam tubuh kalian. Selama metabolisme masih lambat, apapun usaha kalian, termasuk mengkonsumsi obat-obatan pelangsing pun tidak akan ada hasilnya. Jadi ketika kalian sudah berdiet pun, ketika berat kalian tidak lagi turun, ingatlah kembali akan metabolisme kalian. Pastikan jangan sampai metabolisme kalian melambat. Dibutuhkan metabolisme yang sudah benar supaya akhirnya tubuh menuruti apa kehendak kita.
Selamat mencoba!
oh ya, penyesalan tidak akan mengubah tubuh kalian, tapi keinginan untuk berubah dan take action lah yang akan mengubah tubuh kalian, jangan pernah bilang tidak bisa, karena banyak orang yang lebih parah dari kalian bisa sukses. Kalian juga pasti bisa sukses, asal mau mengikuti aturan di atas.


btw ya aku kan anak sekolah biasanya ga sempat untuk fitness atau or soalnya jadwalku padet… ya bagaimana cara mnegecilkan paha n lengan wkt dirumah??? ngelakuin apa gitu?? Dila

@Dila,
kalo jadwal padat, usahakan dong, buat waktu. Beli CD aerobik lalu aerobik di rumah atau bangun jam 5 pagi untuk lari pagi. Pokoknya apa aja deh, yang penting harus ada tekad dari kamu. Penjelasan mengenai mengecilkan paha dan lengan tidak semudah kedengarannya, coba lihat jawaban saya untuk lulu di atas.


hello…^^ maaf numpang tanya…
Kenapa tidak boleh angkat beban ketika melakukan program pengecilan perut yang buncit…?
Dan bila saya menjalankan program yang telah Mr. Michael jabarkan sebelumnya, berapa lamakah yang dibutuhkan untuk mengecilkan perut saya…?
Saat ini berat saya +/- 70 kg dengan tinggi 173 cm, idealkah atau malah overweight…? ^^
Saya juga melakukan fitness 2 kali dalam seminggu, termasuk diantaranya saya melakukan latihan2 angkat beban seperti bench press, dll…
dan baikkah bila saya minum susu diatas jam 10 malam…? terima kasih, maaf sudah banyak bertanya…^^ trus adakah cara untuk menghilangkan lemak di pinggang…? ^^ thanx… Dee

@Dee
Dengan tinggi dan berat badan segitu, bmi kamu 23,39 (masih normal - 18,5-24,9).
Kalo program dijalankan, semestinya sih tiga bulan saja uda kelihatan hasilnya, dengan catatan latihan yang benar, pola makan yang teratur, istirahat yang cukup dan hasilnya bervariasi tiap-tiap orang.
Untuk mengkombinasikan antara ingin membentuk otot dan membakar lemak, caranya adalah, latihan beban selama 30-45 menit (membakar kalori dari karbohidrat), setelah karbohidrat habis, gunakan moment ini untuk melakukan olahraga SELAIN angkat beban dengan detak jantung 65%. Hal ini akan sangat mengoptimalkan pembakaran lemak kamu. Rumusnya adalah (220-umur) x 0.65. Contohnya, Dee, 25th, berarti kalau Dee ingin membakar lemak, maka dia akan menggunakan rumus ini (220 - 25th) x 0.65 = 126.75 atau sekitar 127 detak per menit untuk jantungnya. Di atas treadmill, hal ini akan sama dengan berjalan cepat, bukan berlari. Coba praktekkan rumus ini, dan cari berapa detak jantung ideal kamu. Kamu akan membakar lemak ketika detak jantung kamu berada sekitar 65%. Lebih tinggi dari angka 70% berarti kamu akan lebih membakar karbohidrat.
Untuk pertanyaan kamu menghilangkan lemak di pinggang, seperti yang saya jawab kepada lulu di atas, untuk mengecilkan bagian-bagian tubuh tertentu itu tidak mudah, karena tubuh sendirilah yang mengatur pembakaran lemak di bagian mana pun. Kita tidak bisa mengatur yang mana mau kurus duluan atau yang mana mau gemuk duluan. Yang penting kamu lakukan latihan beban secara keseluruhan. Berlatih beban disarankan fokus kepada otot-otot besar seperti dada, punggung, pundak dan kaki. Melatih otot besar itu akan membakar lebih banyak kalori sehingga hasilnya adalah lemak tubuh Anda akan semakin berkurang, dan pada akhirnya lemak di pinggang juga akan berkurang.
Minum susu di atas jam 10? Tergantung susu apa dong, kalo susu yang mengandung proteinnya tinggi, itu bagus karena akan membantu pembentukan otot di waktu istirahat yang rusak karena habis latihan. Kalau susu yang mengandung lemak, ya kurang bagus ya.


Dear Admin, saran-sarannya udah aku terapin, tiap pagi aku melakukan jogging sekitar 1 jam, tapi masih sering jalan cepat ‘coz masih ga kuat kalau lari terus. Sore sepulang kerja kadang aku bersepeda keliling komplex, tapi ga lama cuma sekitar 15 menitan. Makanan udah aku atur banyak sayur n buah ditambah minum teh hijau satu mug (350ml) setiap hari. Apa itu sudah cukup membantu untuk menurunkan berat badan saya? Apakah ada saran lain? Soalnya saya pingin banget BB turun, apalagi bagian pantat. Terima kasih. Phawita

@Phawita,
Semuanya uda bagus, tapi kalo bisa tambah aerobik biar tubuh lebih kencang. Kalau untuk turun berat badan jangan sampai langsung turun drastis, karena nantinya bisa muncul selulit, jadi sabar aja, lebih baik turun sedikit demi sedikit, biar sehat. Ingat, diet tidak makan itu malah buruk bagi metabolisme, jadi sabar saja. Dan kalau sudah turun, jangan berhenti dengan kebiasaan berolahraga, karena biasanya orang kalau sudah turun berat badan, dia langsung berhenti berolahraga dan kembali pada kebiasaan lama, makan sembarangan dan tidur malam-malam. Jadi untuk mempertahankan kebugaran, seseorang harus terus mempertahankan kebiasaan berolahraga, bukan hanya waktu mau turunin berat badan saja. Seperti yang sudah saya katakan sama Lulu di atas, kita tidak bisa memilih bagian tubuh mana yang kurus duluan, kalau yang mengecil pantat duluan, bagus, kalau tidak terusin aja, nanti juga ke seluruh tubuh, termasuk pantat.


Saya punya temen umur 36 th, tinggi 140 cm, berat badan 50 kg. punya anak 3. bermasalah pada bagian perut setelah melahirkan anak pertama. anak pertama berumur 8 th, kedua 4 th, ketiga 2 th. dia bekerja di instansi pemerintahan. jadi aktifitasnya hanya sebatas di kantor saja. setelah melahirkan kekencangan perut mulai berkurang dan sulit untuk mengecilkan kembali. mohon diberikan solusi yang sehat agar perut nya bisa kembali ideal dan tidak mengganggu aktifitas yang ada. Revina

@Revina,
Di sportindo.com ada artikel mengenai latihan abs (perut) di rumah, teman kamu bisa menerapkan latihan itu di rumah untuk membantu mengencangkan otot perut. tp cara yang terbaik tetap berlatih di gym dengan bantuan alat yang tepat untuk membentuk otot perut secara maksimal.


Tinggiku 160. Beratku 60 kg. Terlalu gendut ya?
Apakah pola makan vegetarian membantu diet? Angel

@Angel, Menurut BMI (Body Mass Index) nilainya 23,44 (masih normal - 18,5 - 24,9) tapi mendekati overweight (25 - 29,9).
Pola makan yang sebenarnya adalah pola makan yang diatur sedemikian rupa sehingga tubuh tetap dalam metabolisme yang normal. Pola makan yang berubah drastis justru berbahaya bagi tubuh. Coba kamu lihat 11 prinsip yang saya jawab untuk Phawita (di atas sana). Setelah mempelajari prinsipnya, pertanyaan kamu mengenai pola makan vegetarian akan terjadi. Thx.


tinggi saya 170 cn berat badan 59.5 kg… apa saya gemuk? saya inggin mengecilkan parut, paha dan betis bagaimana caranya? saya ingin mencoba fitness tapi takut setelah berhenti malah membuat badan melar. olah raga apa yang baik untuk fitness saya? Mimi

@ Mimi, Untuk tinggi badan segitu, berat kamu normal. Untuk hal mengecilkan perut, paha, dan betis, lihat jawaban saya untuk lulu diatas.
Yang namanya fitness itu bukan hanya ngegym dan angkat beban dan hanya dilakukan waktu mau turun berat badan aja, tapi berkesimbungan. Jadi jangan takut kalo berhenti badan melar, yang penting tubuh harus terus bergerak supaya metabolisma tubuh kamu normal.


dear,
nama aku dicky umur 9 taon
tinggi 171 cm dan 71 kg.
sebenarnya aku gemuk atau enggak yah?
kalo pake baju seh tubuh aku keliatan proporsional
tapi kalo telanjang dada jadi gak pede….
coz dada aku agak berisi….(nggak kayak cowok lain yang gak berisi)
truz perut aku juga agak buncit (tapi gak buncit2 amat) ke depan……kalo pake baju gak keliatan buncit koq……
cuma kalo ngaca, perut aku kesannya bulat gitu…..
(padahal dulu akau kurus lho,tapi semenjak smp perut aku mulai buncit)
kalo aku ngaca, pinggang sebelah kiri keliatan slim seh tapi yang kanan sperti agak menonjol sedikit
jadi gak simetris keliatannya……
apa itu karena posisi tidur aku yang salah(aku tidur menyamping dengan pinggang kanan di bawah)
teruz paha aku juga besar…..
gimana seh cara membuat badan aku lebih terlihat shaped(dada dan perut)?
thanks………

@Dicky (umur 19 tahun kalee ya)
Dengan tinggi dan berat segitu udah mendekati batas overweight. BMI Normal 18,5-24,9, sedang BMI kamu 24,28.
Agar dada lebih berisi kamu harus angkat beban, khususnya di bagian chest dan perut. Ikut aja fitness, lalu tanyakan instrukturnya apa keperluan kamu. Kalo untuk pinggang yang tidak simetris itu bukan karena tidur menyamping, itu memang dari sananya.


Aku Gita, umur 21 tahun…Tinggi badan 156 cm, berat badan 50 kg…Aku malu punya badan yg super pendek dan kuntet dan gemuk…Aku melihat badanku seperti badan babi…Aku masih bisa nambah tinggi gak ya? walopun cuma 5 cm…Dan lenganku & pahaku besar… tapi perut rata dan betisku ramping… Badanku kok bisa aneh gini ya? Dari dulu aku gak pernah suka sama badanku… tapi ya mau gimana lagi… emang nasibku aja yg sial… punya badan pendek dan gak menarik…Aku nyesel terlahir jadi cewek asia yg kecenderungan tidak memiliki tinggi diatas 170 cm. Gimana ya supaya badanku jadi bagus? Aku jijik bgt liat badanku… Bisa bantu aku? Makasih.. Gita

@Gita,
Saya tahu kamu ingin seperti orang-orang yang memiliki badan yang bagus, tapi tahukah kamu, ada banyak orang juga yang menginginkan badan seperti kamu. Mereka itu adalah orang-orang cacat, yang terlahir dengan tubuh yang tidak sempurna, seperti tidak punya tangan, kaki, atau bahkan buta. Ada 2 hal yang memang tidak dapat kita pilih dalam hidup ini, yang pertama di mana kita dilahirkan (dalam hal ini kamu dilahirkan di Indonesia di keluarga kamu), dan yang kedua kapan kita mati. Tapi kita bisa memilih untuk mengucap syukur dan menggunakan apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita dengan maksimal. Kesuksesan dan keberhargaan seseorang tidak ditentukan dari bentuk tubuhnya, tapi dari apa yang ada di dalam dirinya. Banyak orang yang cantik, tapi memiliki pikiran yang negatif, sehingga ada aja yang dianggapnya tidak sempurna. Tapi banyak juga orang yang kurang cantik namun mereka memiliki pikiran positif sehingga mereka tidak memandang kelemahan mereka sebagai sesuatu yang harus disesali, tapi sebagai suatu lecutan untuk sukses. Kamu pun bisa begitu. Kalau kamu masih punya pikiran negatif tentang gambar diri kamu, mau diubah Tuhan juga percuma, pasti kamu akan tetap mengeluh dan mengeluh. Coba mulai sekarang belajarlah bersyukur dan setelah itu mulai bertindak, apa yang bisa saya lakukan. Mungkin tidak bisa mengubah tinggi atau bentuk tubuh, tapi paling tidak pola pikir diubah dulu agar kamu tidak menjelek-jelekkan tubuh sendiri. Ingat, tubuh kamu itu pemberian Tuhan. Kalau kamu saja tidak menghargainya, jangan harap ada orang yang akan menghargai kamu. Percayalah, masih banyak orang yang lebih kurang daripada kita. Terus terang, dengan sikap kamu yang seperti itu, Tuhan pun tidak bisa bantu. Hanya keputusan kamu untuk mengubah sikap kamulah yang akan menjadi batu loncatan untuk perubahan hidup kamu. Ingat, jangan menilai segalanya dari bentuk tubuh, masih banyak kualitas-kualitas di dalam diri kamu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Cobalah untuk tidak memikirkan diri sendiri, tapi mulai memikirkan orang lain, sehingga fokus kamu tidak lagi pada tubuh kamu, tapi pada hal-hal yang lebih penting dari itu.
Tinggi badan 156 itu termasuk tinggi lho Gita, banyak yang lebih pendek dari kamu. Dan lagi dengan tinggi segitu berat badan kamu masih ideal, makanya aneh sekali kalau kamu mengatakan hal-hal itu pada diri kamu sendiri. Pada wanita, tinggi badan biasanya berhenti pada usia 21 tahun, tapi masih ada kemungkinan tinggi lagi kok kalo masih muda. Cobalah untuk berolahraga renang, basket, volley, atau olahraga yang dapat meninggikan badan. Yang penting jangan merendahkan diri sendiri lagi ya, Gita. Tuhan memberkati.


mo tanya donk , knapa klo mau nurunin berat badan g bolaeh angkat beban? Erick

@Erick,
Boleh, justru dengan angkat beban, banyak kalori yang terbakar dan sekaligus badan jadi bagus. Cuma saran saya, lebih baik angkat beban sekaligus makan makanan berprotein, biar nga sia-sia fitnessnya. Sebab kalo cuma angkat beban doang, nanti kamu jadi kurus banget. Lebih baik dikombinasikan dengan makanan tinggi protein sehingga biar timbangan tidak turun, tapi isinya otot semua, jadi kan lebih ok.


jenis makanan apa saja yg hrus sy mkan untk mengecilkan perut yg buncit? Nanda

@Nanda,
Untuk mengecilkan perut yang buncit tidak sekadar hanya menjaga makanan saja, tapi juga perlu adanya olahraga, karena lemak tidak hanya ada di perut, tapi juga di bagian tubuh lainnya. Untuk menghilangkannya, maka harus berolahraga, khususnya di bagian perut. Kamu bisa melakukan olahraga yang berhubungan dengan perut, seperti sit up, crunch, dll yang bisa kamu cari di postingan ini. Makanan juga harus dijaga, misalnya jangan makan goreng-gorengan dan makanan berlemak lainnya, seperti junk food. Tapi yang perlu dilakukan adalah olahraga. Coba lihat langkah-langkah yang saya tulis untuk Phawita di atas.


saya mau tanya neh…
tinggi saya 170 berat 85..
trus lebar bahu 52cm n lingkar perut 84 cm apa saya ini temasuk gemuk atau apa?? n juga gmn cara ngecilin paha?? lingkar paha saya 61 cm keliatan besar…yhx sblumny. Elfrian

@Elfrian
Memang kalo menurut perhitungan BMIm kamu itu termasuk overweight mendekati obesitas.
untuk mengecilkan bagian-bagian tubuh tertentu itu tidak mudah, karena tubuh sendirilah yang mengatur pembakaran lemak di bagian mana pun. Kita tidak bisa mengatur yang mana mau kurus duluan atau yang mana mau gemuk duluan. Pernah nga kamu kenal dengan orang yang gemuk dan kemudian berhasil menurunkan berat badannya cukup banyak sehingga badannya jadi kurus. Kemudian kita lihat pipinya juga ikut mengecil. Kamu mungkin bertanya, gimana sih dia melatih pipinya sampai jadi kurus seperti itu? Pastinya tidak mungkin melatih pipi dengan beban kan?
Jadi waktu kamu latihan, baik itu latihan beban atau aerobik untuk menurunkan berat badan, lengan tentu saja penting untuk dilatih, tetapi jangan terlalu fokus latihan lengan tiap kali datang ke gym dengan harapan lengan akan mengecil duluan. Itu sama sekali salah. Latihan lengan cukup satu kali saja seminggu karena dengan latihan otot yang lain seperti dada, punggung ataupun pundak, tangan kita juga pasti akan terlatih. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan menurunkan lemak kamu, lakukan latihan beban secara keseluruhan. Berlatih beban disarankan fokus kepada otot-otot besar seperti dada, punggung, pundak dan kaki. Melatih otot besar itu akan membakar lebih banyak kalori sehingga hasilnya adalah lemak tubuh Anda akan semakin berkurang, dan pada akhirnya lemak di lengan juga akan berkurang.
Kalo olahraga untuk membakar lemak secara rutin, kamu tinggal ikut aerobik deh, tapi ingat yang mana dulu yang kurus, nga bisa ditentuin, tubuh yang mengatur, yang penting kamu terus tekun, pasti bagian yang kamu arahin akan mengecil.


namaku dion, usiaku 24 tahun.
TB=176cm BB=55cm
aku sdh berusaha biar bdn gemuk tp kok ga bs ya???…
katanya tipe ecto ga bs gemuk ya? trus latihan apa biar badanku terlihat berisi???

@Dion,
Aduh Dion, kamu itu kurus banget ya, di bawah normal beratnya dengan tinggi segitu.
Tipe tubuh kurus, hanya bisa menaikkan berat badan dengan menambah jumlah atau massa otot (bukan menambah lemak, tidak akan berhasil kalau dengan cara ini). Menambah massa otot berarti harus berolahraga angkat beban dengan beban sedang atau berat. Dan makan juga harus dipilih sebaik mungkin untuk manambah massa otot. Banyak orang bertanya-tanya, kenapa orang kurus koq tetap harus mengatur dan menjaga pola makan seperti orang yang ingin menurunkan berat badan (5-6x sehari). Makan dengan frekuensi 5-6x sehari porsi sedang tetap diperlukan supaya semua makanan itu diserap tubuh secara optimal. Porsi sedang yang tidak terlalu banyak tidak akan menyebabkan kelebihan kalori yang akan disimpan menjadi lemak tetapi akhirnya dibuang lagi oleh tubuh.

Coba cek tips-tips ini untuk menaikkan berat badan:

1. Sudahkan kita makan 5-6x sehari, porsi sedang, dan mengurangi junk food? Memakan junk food bukan saja menambah lemak tidak sehat tetapi juga bisa memperlambat metabolisme tubuh menjadikan tubuh tidak bisa bekerja secara sehat.
2. Makan karbohidrat dan protein LANGSUNG setelah selesai latihan. Hal ini diperlukan untuk mengantikan glycogen atau gula dalam otot yang habis sewaktu kita latihan. Dan proteinnya dibutuhkan oleh otot yang baru saja kita ‘rusak’ d engan latihan berat.
3. Makan real food(bukan suplemen) MAKS 1 jam setelah latihan,
4. Minum multivitamin (ini keharusan buat yang mau nambah berat badan, karena vitamin B terutama, sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang kita makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh kita tidak bisa mencernanya dengan baik).
5. Latihan beban TIDAK MELEBIHI 1 jam. Dan kurangi cardio Anda. Latihan lebih dari 1 jam akan memboroskan kalori Anda. Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda.
6. Tidak melatih otot yang sama lebih dari 2x dalam seminggu
7. Sudah mengikuti 9-12 set per otot per sesi. Jangan melatih otot chest dengan seluruh alat di gym dengan asumsi semakin lengkap semakin baik. Gunakan hanya 3-4 alat masing-masing sekitar 3-4 set dan gunakan basic compound movement saja. No Isolation Movement.
8. 6-8 reps adalah suatu keharusan, tidak boleh sampai 12 reps. 6-8 reps tuh sudah failure.
9. Gunakan negatif reps. Setelah failure, dibantu oleh teman/spotter untuk angkat, dan kita tahan untuk turunnya. Variasikan negatif reps ini selama 2-3 minggu sekali.
10. Sudah menggunakan High Intensity Training untuk latihan beban. Yang artinya, istirahat pendek antar set, sekitar 1.5 - 2 menit. Dan angkat beban seberat mungkin. Contoh: buat yang tinggi sekitar 160-165, jgn bilang bench press 10kg kiri kanan sudah berat. Seperti itu tidak akan bisa menaikkan masa otot Anda. Kejar target minimal 25-30kg kiri kanan. Kalau blm mampu, naikkan perlahan2 tiap minggu sampai Anda mampu, kalau perlu, minta bantuan teman. (www.sportindo.com)


aku maU tanya,aKu ceWek 158cm/50kg.sebenernya aku gakgemuk gemuk amat,tapi Lengan atasku yang kayak pentungan satpam,kira kira gimana ya buat ngecilin pentungan satpam itu.mohon bantuannya, n_n. Nara

@Nara
Memang untuk berat dan tinggi segitu kamu termasuk normal. untuk mengecilkan bagian-bagian tubuh tertentu itu tidak mudah, karena tubuh sendirilah yang mengatur pembakaran lemak di bagian mana pun. Kita tidak bisa mengatur yang mana mau kurus duluan atau yang mana mau gemuk duluan. Pernah nga kamu kenal dengan orang yang gemuk dan kemudian berhasil menurunkan berat badannya cukup banyak sehingga badannya jadi kurus. Kemudian kita lihat pipinya juga ikut mengecil. Kamu mungkin bertanya, gimana sih dia melatih pipinya sampai jadi kurus seperti itu? Pastinya tidak mungkin melatih pipi dengan beban kan?
Jadi waktu kamu latihan, baik itu latihan beban atau aerobik untuk menurunkan berat badan, lengan tentu saja penting untuk dilatih, tetapi jangan terlalu fokus latihan lengan tiap kali datang ke gym dengan harapan lengan akan mengecil duluan. Itu sama sekali salah. Latihan lengan cukup satu kali saja seminggu karena dengan latihan otot yang lain seperti dada, punggung ataupun pundak, tangan kita juga pasti akan terlatih. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan menurunkan lemak kamu, lakukan latihan beban secara keseluruhan. Berlatih beban disarankan fokus kepada otot-otot besar seperti dada, punggung, pundak dan kaki. Melatih otot besar itu akan membakar lebih banyak kalori sehingga hasilnya adalah lemak tubuh Anda akan semakin berkurang, dan pada akhirnya lemak di lengan juga akan berkurang.
Kalo olahraga untuk membakar lemak secara rutin, kamu tinggal ikut aerobik deh, tapi ingat yang mana dulu yang kurus, nga bisa ditentuin, tubuh yang mengatur, yang penting kamu terus tekun, pasti bagian yang kamu arahin akan mengecil.


haiiiy… tinggi gw 163, berat badan gw 65 kg. termasuk gemuk y?? gw punya masalah gede di bagian lengan (dada gw bidang) kebetulan payudara gw termasuk montok, jd ya kesannya badan jd tambah gede. perut gw jg buncit niy. gmn seh caranya ngecilin perut, lengan, mengencangkan bokong, mengecilkan paha, dan betis (secara, betis gw jg lumayan gede). gw jg sibuk bgt, smpe susah mau mampir ke tempat fitness. klo latihan sendiri di rumah bs g?? btw, gw ga bgitu ngerti bahasa2 fitness, jd tolong dijelasin y satu persatu. hehehe… thanx bgt y. saranmu sangat kutunggu. Peach

@peach,
Dengan tinggi dan berat segitu, kami masih dalam zona normal mendekati overweight. Tinggi badan sih cukup mendukung lho, karena 163 itu cukup tinggi untuk orang Indonesia, jadi berbahagialah.
Untuk mengecilkan bagian-bagian tubuh tertentu itu tidak mudah, karena tubuh sendirilah yang mengatur pembakaran lemak di bagian mana pun. Kita tidak bisa mengatur yang mana mau kurus duluan atau yang mana mau gemuk duluan. Pernah nga kamu kenal dengan orang yang gemuk dan kemudian berhasil menurunkan berat badannya cukup banyak sehingga badannya jadi kurus. Kemudian kita lihat pipinya juga ikut mengecil. Kamu mungkin bertanya, gimana sih dia melatih pipinya sampai jadi kurus seperti itu? Pastinya tidak mungkin melatih pipi dengan beban kan?
Jadi waktu kamu latihan, baik itu latihan beban atau aerobik untuk menurunkan berat badan, lengan tentu saja penting untuk dilatih, tetapi jangan terlalu fokus latihan lengan tiap kali datang ke gym dengan harapan lengan akan mengecil duluan. Itu sama sekali salah. Latihan lengan cukup satu kali saja seminggu karena dengan latihan otot yang lain seperti dada, punggung ataupun pundak, tangan kita juga pasti akan terlatih. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan menurunkan lemak kamu, lakukan latihan beban secara keseluruhan. Berlatih beban disarankan fokus kepada otot-otot besar seperti dada, punggung, pundak dan kaki. Melatih otot besar itu akan membakar lebih banyak kalori sehingga hasilnya adalah lemak tubuh Anda akan semakin berkurang, dan pada akhirnya lemak di lengan juga akan berkurang.
Kalo olahraga untuk membakar lemak secara rutin, kamu tinggal ikut aerobik deh, tapi ingat yang mana dulu yang kurus, nga bisa ditentuin, tubuh yang mengatur, yang penting kamu terus tekun, pasti bagian yang kamu arahin akan mengecil.
Kalo latihan di rumah bisa, tapi itu membutuhkan dorongan/motivasi yang lebih besar dibandingkan kalau ke tempat fitness. Saya sarankan kamu fitness dulu beberapa bulan, minta keterangan pada instrukturnya, apa-apa aja yang harus kamu latih untuk mengecilkan yang mau kamu kecilkan itu, nah setelah terkumpul informasi dan motivasi yang diperlukan, serta telah meneliti alat-alat apa aja yang bisa dipakai untuk fitness di rumah, dan beli alatnya, baru deh kamu fitness di rumah. Yang penting dorongan awalnya dulu, nanti kalo uda terbiasa akan bisa di rumah.


Hi,
nama saya edrick.
akhir2 ini saya merasa kok bagian dada saya makin
membesar ya? memang sih akhir2 ini saya tambah
gemukan. tapi yang lebih bikin saya risih itu di bagian
payudaranya. rasanya kan ga enak kalau laki
punya payudaranya besar gitu.
ada saran2 ga supaya bisa menngecilkan nya? thx

#edrick

Bagian dada (payudara) memang sih bisa semakin besar kalau kita overweight (kelebihan berat badan), itu bisa aja terjadi karena ada lemak yang tersimpan di sana. Payudara dapat juga membesar karena adanya pertumbuhan jaringan payudara yang perkembangannya tidak normal (overdevelop); ini disebut gynaecomastia.

Kalo untuk memeriksa apakah itu lemak atau overdevelop breast tissue, coba kamu berbaring rata dengan tanah lalu pegang “payudara” kamu dengan kuat pakai jempol dan telunjuk. Lalu secara perlahan kamu gerakkan ke arah puting susu. Jika kamu bisa merasakan adanya gumpalan jaringan elastis seperti cakram yang keras yang panjangnya kira-kira lebih dari 2 cm dan tampaknya melekat di belakang puting susu dan pada area merah muda yang mengelilingi puting susu, artinya kemungkinan besar itu adalah jaringan payudara yang overdeveloped. Area itu mungkin terasa agak lunak. Biasanya kedua payudara sama-sama overdeveloped, tapi terkadang salah satunya lebih jelas kelihatan daripada yang satunya lagi.
Jika salah satu payudara kamu lebih besar daripada yang satunya lagi, coba cek ke dokter; kanker payudara sih emang jarang terjadi pada pria, tapi itu bisa aja terjadi. Jika tidak ada gumpalan jaringan yang jelas di bawah puting susu, itu mungkin artinya kamu terlalu gemuk. Memangnya berat dan tinggi badan kamu berapa sih?
Sebenarnya dengan kasat mata aja kita bisa membedakan kok apakah itu payudara yang membesar atau karena lemak.
Coba kamu lihat gambar ini
http://www.drkashyap.com/sitebuildercontent/sitebuilderpictures/gynocomastia.jpg
http://a.abcnews.com/images/GMA/man_breasts_080222_mn.jpg
http://newsimg.bbc.co.uk/media/images/44347000/jpg/_44347103_breasts_man203.jpg
Bisa bedakan kan?


tinggi saya 181cm dan berat saya sebelumnya 84kg tiba2 naik menjadi 90..itu overweight kan ya?
sebenarnya payudara saya ga sebesar di gambar itu
sih..tapi risih kalau pakai baju yang agak ketat.
karena ada kelihatan “bentuk” nya walau tidak
sampai seperti wanita punya. Edrick

@edrick
Dengan tinggi dan berat badan segitu, bmi kamu 27,47. Memang masuk kategori overweight.
Bener kan, bisa bedain. Jadi jangan kuatir lah. Mau tidak mau kamu harus banyak olahraga deh supaya tidak terlalu gemuk. Turunin berat badan kamu jadi 80 kg, lebih bagus lagi kalau 75 kg, soalnya kalo 80 kg itu mendekati overweight.


Salam
Singgi saya 162 cm, berat 45 kg, n umur 15 tahun (baru aja). Ni akumau nanya gimana biar bentuk tubuh proprsional antara tinggi n berat badan. Oh ya aku jg mau nanya gimana caranya meninggikan badan biar lebih tinggi, yang aku mau minimal tinggiku menjadi 180 cm. Apakah mungkin ini dapat tercapai sesuai dengan keinginanku?
Terima kasih! Ferry

@Ferry,
Dengan tinggi dan berat segitu kamu kurus, di bawah normal. Bentuk tubuh proporsional itu relatif, karena ada orang yang berat dengan tinggi badannya proporsional, tapi bentuk tubuhnya tidak, misalnya kakinya pendek, atau karena kepalanya besar, tubuhnya jadi kelihatan kecil, dsb. Kalau untuk meninggikan tinggi badan, biasanya kalau cowo itu olahraga basket dan renang. Dan lagi itu semua tergantung gizi yang seimbang dan olahraga yang cukup. Umur kamu masih muda, jadi hormon pertumbuhan masih terus berjalan. Makanya harus banyak olahraga untuk merangsang pertumbuhan dan banyak makan makanan bergizi.


tinggi saya 153cm berat 49-50 kg. saya punya masalah dengan lengan yang besar dan bahu yang lebar…beberapa waktu yg lalu berat saya sampe 58-59kg dan alhamdulilah udah berkurang tapi hanya dibagian perut dan pinggang serta bagian paha saja yg mengecil, sedangkan bagian bahu dan lengan saya masih seperti dulu jadi badan saya agak keliatan lucu klo memakai pakaian yg berukuran m atau yang agak ketat,gimana solusinya agar lengan dan bahu saya keliatan indah… sebelumnya terima kasihh. Raeny

@raeny,
Untuk mengecilkan bagian-bagian tubuh tertentu itu tidak mudah, karena tubuh sendirilah yang mengatur pembakaran lemak di bagian mana pun. Kita tidak bisa mengatur yang mana mau kurus duluan atau yang mana mau gemuk duluan. Pernah nga kamu kenal dengan orang yang gemuk dan kemudian berhasil menurunkan berat badannya cukup banyak sehingga badannya jadi kurus. Kemudian kita lihat pipinya juga ikut mengecil. Kamu mungkin bertanya, gimana sih dia melatih pipinya sampai jadi kurus seperti itu? Pastinya tidak mungkin melatih pipi dengan beban kan?
Jadi waktu kamu latihan, baik itu latihan beban atau aerobik untuk menurunkan berat badan, lengan tentu saja penting untuk dilatih, tetapi jangan terlalu fokus latihan lengan tiap kali datang ke gym dengan harapan lengan akan mengecil duluan. Itu sama sekali salah. Latihan lengan cukup satu kali saja seminggu karena dengan latihan otot yang lain seperti dada, punggung ataupun pundak, tangan kita juga pasti akan terlatih. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan menurunkan lemak kamu, lakukan latihan beban secara keseluruhan. Berlatih beban disarankan fokus kepada otot-otot besar seperti dada, punggung, pundak dan kaki. Melatih otot besar itu akan membakar lebih banyak kalori sehingga hasilnya adalah lemak tubuh Anda akan semakin berkurang, dan pada akhirnya lemak di lengan juga akan berkurang.
Kalo olahraga untuk membakar lemak secara rutin, kamu tinggal ikut aerobik deh, tapi ingat yang mana dulu yang kurus, nga bisa ditentuin, tubuh yang mengatur, yang penting kamu terus tekun, pasti bagian yang kamu arahin akan mengecil.


halo nama gua andy..sekarang perut gua sedikit buncit.gua pengen banget bisa six pack.menurut teman2 itu makan pagi telur putih direbus terus makan siang dada ayam rebus.trus malem hari makan telur putih rebus lagi.apa pola makan seperti ini benar?kasih saran donk harus makan makanan apa biar bisa membantu six pack?gua udah nge gym.dan sekarang gua juga minu susu protein gitu,lebih baik kapan waktu minum susu tersebut?apakah sebelum latihan ato sesudah latihan?
thanks ya..GBU

tinggi saya 166cm terakhir nimbang berat saya 85kg. badan saya kenceng tp perutnya parah bagt dah kayak om2 melebar kedepan dan kesamping. latihan dan diet seprti apakah yg harus sy lakukan untuk mendapatkan berat dan bentuk badan proporsional mohon pencerahannya. Terimakasih. Sam

Mo nnya nich kl Q ngitung di web tabloid Nova tu tinggi Q 167 Berat 52 tu ideal nya 58. Kl berat dr perhitungan Anda 167-100=67 wah….ndut bgt donk gue kl berat Q 67.smn sich perhitungan yg sbenernya tu..Terus Q tu kurus tp mnurutQ perutQ agk buncit olahraga yg pling simple bwt ngecilin perut gmn..Thx yach…. Widury

@Andy, Sam, Widury,
Untuk mendapat perut six pack tidak segampang itu, untuk pola makan diperlukan pola makan bersih 5-6x sehari untuk menjaga metabolisme kita agar tetap aktif, latihan beban diperlukan untuk membentuk otot terutama otot perut, jika ada lemak dan perut, hilangkan dulu sampai benar2 tipis.

Untuk contoh panduan pola makan, latihan dan suplementasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan perut six pack, kalian bisa melihat di http://www.sportindo.com/goal/?sixpack


Hi nmq Rani umur 21th, TB 165cm BB 56kg. Aq pgn tny gmn crx kcln perut aq yg buncit dn g ada selulitx. Aq udh cb diet tp g ada hslx. Ada g cr praktis biar bdn lgsg seimbang? Tx bgt n dblz ya.

@Rani,
Untuk menurunkan berat badan, diperlukan makan sehari 5 – 6x dalam sehari, dalam porsi kecil yang berisi makanan sehat. Ganti karbohidrat Anda dengan karbohidrat baik, makanan seperti nasi putih, gula, ice cream, roti putih, buah-buahan yang terlalu manis mengandung gula yang sangat tinggi, dan gula tersebut akan sangat mudah diubah menjadi lemak, oleh karena itu konsumsilah karbohidrat baik seperti nasi merah sebagai pengganti nasi putih, oatmeal dan roti gandum sebagai pengganti roti putih. Karbohidrat baik diserap secara perlahan-lahan sehingga akan membantu Anda menurunkan berat badan karena penyerapan secara bertahap mengurangi adanya penimbunan energi yang potensial menjadi lemak.

Mengurangi porsi makanan secara drastis akan memperlambat metabolisme tubuh, sehingga ketika Anda mengurangi makan, berat Anda akan turun dengan sangat lambat, dan ketika Anda mulai makan lagi, sebagian besar yang Anda konsumsi akan langsung diubah menjadi lemak dan berat badan Anda akan tetap atau naik lagi.

Selain itu, konsumsi protein dalam jumlah yang cukup, protein dapat didapat dari daging sapi, dada ayam, kacang-kacangan dan susu protein. Protein membantu memperlambat pencernaan dari karbohidrat dan merupakan bahan baku utama pembentuk jaringan otot, otot merupakan jaringan yang senantiasa membakar lemak, bahkan ketika Anda tidur.

Pengolahan daging boleh dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak, menggunakan bumbu sarat lemak atau menggunakan gula. Garam diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. (garam diet lebih disarankan).


bos admin,mo tanya nih…
kn berat gw dlu sblm fitnes 80kg…
koq abis fitnes malah 85 yah???
tinggi 82….
umur 22…
skrg dh turunan sh jd 83an tp gr2 gk aktif fitnes….
ap slh program-kah?
mo nurunin berad badan tp malah naek…
gw latian sh angkat beban yg bwt dada,punggung,perut…
tp gk pernah treadmill…hehe
selain treadmill,latihan otot apa yg boleh biar badan jd kurus tp berotot?
oh ya,1 set itu berapa x yh?
ad yg blg 1 set = 12x angkat beban….
maap nih abisny gw fitnes tanpa tau apa2….
gmn program yg bagus yah bwt bentuk badan yg kenceng tp bkn membesar….
tolong dunx program selama 1 minggu…
thx berat nih…. ^^ muup nambah nih,klo gk pake suplemen gt gpp kn?
L-Men LOOS WEIGHT membantu gk?
gmn tuh cara pemakaiannya?
brp x/hari? Anthony

@Anthony,
penambahan massa otot gara gara berlatih dapat meningkatkan berat badan, Untuk contoh panduan pola makan, latihan dan suplementasi yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan, Anda bisa melihat di http://www.sportindo.com/goal/?fatloss.
untuk latihan 1 set sebaiknya 6-10 repetisi, karena latihan ditujukan untuk membangun massa otot, dan repetisi tinggi kurang efektif dalam pembangunan massa otot.


hi Mr. Michael, saya ada masalah di bagian perut.
bagaimana cara mengecilkan lemak di perut?
Tinggi : 178 cm
Berat : 78 kg
Apakah saya termasuk dalam golongan normal?
dan bagaimana rumus menghitung BMI?
thanks. Hadiman

@hadiman
Cara hitung BMI: 78: (1,78 x 1,78) = 24,6. Kamu mendekati overweight (25).
Cara mengecilkan perut di perut coba baca artikel http://www.sportindo.com/goal/?sixpack.

Yth. Mr Michael


Nama saya Nino, 24th TB 165 BB 50KG. Saya mo tny nich gmn cr gemukkin dikit badan sy yg kurus. Saya udh coba latihan beban dn konsumsi L-Men. Porsi latihan sih mmg sdkt krn waktu saya tersita pekerjaan. Antara 1-2x seminggu, 45-60 menit tiap latihan. Mohon sarannya cara tentuin waktu, pola makan, dan jg porsi latihan yg sesuai agar saya mendapatkan hasil yg maksimal.
Saya jd minder dengan perkataan tmn2 yg mengatakan saya ini kurus, kerempeng dsb.
Mohon bantuannya. Tx. Nino

@Nino,
Emang sih, dengan berat segitu kamu kurus di bawah normal sedikit. Paling tidak berat kamu harus 60 kg lah. Kemungkinan besar kamu itu tipe tubuh kurus (ectomorph), jadi harus ekstra keras untuk menambah berat badan.
Coba cek tips-tips ini untuk menaikkan berat badan:
1. Sudahkan kita makan 5-6x sehari, porsi sedang, dan mengurangi junk food? Memakan junk food bukan saja menambah lemak tidak sehat tetapi juga bisa memperlambat metabolisme tubuh menjadikan tubuh tidak bisa bekerja secara sehat.
2. Makan karbohidrat dan protein LANGSUNG setelah selesai latihan. Hal ini diperlukan untuk mengantikan glycogen atau gula dalam otot yang habis sewaktu kita latihan. Dan proteinnya dibutuhkan oleh otot yang baru saja kita ‘rusak’ d engan latihan berat.
3. Makan real food(bukan suplemen) MAKS 1 jam setelah latihan,
4. Minum multivitamin (ini keharusan buat yang mau nambah berat badan, karena vitamin B terutama, sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang kita makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh kita tidak bisa mencernanya dengan baik).
5. Latihan beban TIDAK MELEBIHI 1 jam. Dan kurangi cardio Anda. Latihan lebih dari 1 jam akan memboroskan kalori Anda. Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda.
6. Tidak melatih otot yang sama lebih dari 2x dalam seminggu
7. Sudah mengikuti 9-12 set per otot per sesi. Jangan melatih otot chest dengan seluruh alat di gym dengan asumsi semakin lengkap semakin baik. Gunakan hanya 3-4 alat masing-masing sekitar 3-4 set dan gunakan basic compound movement saja. No Isolation Movement.
8. 6-8 reps adalah suatu keharusan, tidak boleh sampai 12 reps. 6-8 reps tuh sudah failure.
9. Gunakan negatif reps. Setelah failure, dibantu oleh teman/spotter untuk angkat, dan kita tahan untuk turunnya. Variasikan negatif reps ini selama 2-3 minggu sekali.
10. Sudah menggunakan High Intensity Training untuk latihan beban. Yang artinya, istirahat pendek antar set, sekitar 1.5 - 2 menit. Dan angkat beban seberat mungkin. Contoh: buat yang tinggi sekitar 160-165, jgn bilang bench press 10kg kiri kanan sudah berat. Seperti itu tidak akan bisa menaikkan masa otot Anda. Kejar target minimal 25-30kg kiri kanan. Kalau blm mampu, naikkan perlahan2 tiap minggu sampai Anda mampu, kalau perlu, minta bantuan teman.
(www.sportindo.com)


More from FITNESS

Kolostrum 10 Mar 17
Puasa dan Fitness 10 Mar 17
Body Fat 10 Mar 17
Pikun 10 Mar 17
Otot Rusak? 09 May 26
Berat Badan Stagnan 09 May 26
Manfaat Skipping 09 May 26

^ Back To Top