Search for
Login | Username Password Forgot? | Email: | Create Account
Non English | Entries: 58 | Views: 19 | Modified: 5 days ago | | Add to My Feeds
Report
Pengertian WordPress
July 8th, 2010

Pengertian WordPress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai blog engine. WordPress dibangun dari pemrograman PHP, dengan database MySQL, yang semuanya merupakan software open source. Selain sebagi blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai Content Management System (CMS) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

CMS merupakan sebuat alat atau software yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan sebuah website dengan mudah. Mulai dari membuat, mengelola isi, hingga mempublikasikan isi website tersebut. Penggunanya pun tidak harus mempunyai kemampuan teknis tentang HTML (Hypertext Markup Language) atau kode pemrograman lain.

Keunggulan WordPress cukup banyak, sehingga membuat banyak blogger memilih sebagai blog engine ataupun Content Management System (CMS) pilihan mereka.

Mari kita perhatikan sebagai keunggulan dan fitur dari wordpress.

1. Gratis. Untuk mendapatkan installer-nya hanya perlu mendownload dari situsnya langsung cek  :tkp ke http://wordpress.org

2. Open Source. Pengguna bisa melihat barisan kode-kode program WordPress tersebut, sehingga pengguna tingkat lanjut lebih bebas memodifikasi hingga mengembangkan sendiri WordPress tersebut sesuai keinginannya.

3. Template atau design tampilannya mudah di-customize atau dimodifikasi sesuai keinginan kita.

4. Pengoperasiannya mudah, tidak ribet dan tidak bertele-tele. Bagi pemula, tentu hal ini amat membantu.

5. Dalam 1 blog, bisa untuk membuat banyak user. jadi WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas, yang kontributor isinya berasal dari para anggota komunitas tersebut.

6. JIka kita sebelumnya mempunyai blog gratisan yang menumpang di Blogger/Blogspot, WordPress.com, LiveJournal, TypePad, dan beberapa blog engine lain, kita bisa mengimport isinya. Jadi kita tidak perlu takut isi blog lama kita sia-sia setelah menggunakan software WordPress.

7. Banyak penggunanya, banyak pula community support untuk WordPress. Penggunannya di Indonesia juga banyak sekali, sehingga tidak perlu khawatir jika ada masalah mengenai WordPress, sampaikan saja pertanyaan kepada pengguna yang lebih senior *bukan saya lho* :D .

8. Banyak Plugin yang tersedia dan selalu berkembang, karena kontribusi para developer web yang juga memberi kontribusi pada WordPress. Plugin WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya Plugin anti-spam, plugin web counter, plugin SEO dan lainnya.

Setelah melihat berbagai kelebihan dan dukungan terhadap WordPress ini, apakah bisa memberi bayangan tentang WordPress? Jika belum, kita bisa mencoba versi gratis lain dari WordPress yang tanpa membutuhkan web hosting sendiri, yaitu di www.wordpress.com. Cobalah untuk mempunyai account di sana sebagai contoh lihat http://penchenk.wordpress.com, dan silahkan mencoba kemudahan yang diberikan untuk mendukung aktivitas nge-blog kita. Tentukan saja fitur-fitur yang diberikan di situs tersebut tetapi jauh lebih terbatas dibanding jika kita menginstall sendiri, namanya juga gratisan :p. Tapi sebagai gambaran kemudahan pengoperasiannya, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Sampai disini dulu postingan tentang Pengertian WordPress, mohon maaf apabila ada salah kata atau tulisan yang berkenan dihati Anda. Terima Kasih dan Selamat Mencoba :D .


More from Akhir's

Drag Me to Hell 10 Sep 1

^ Back To Top