Search for
Login | Username Password Forgot? | Email: | Create Account
Non English | Entries: 515 | Views: 329 | Modified: 5 months ago | | Add to My Feeds
Report

Google Earth mendapat lawan baru dari negeri Cina, Map World, sebuah layanan peta satelit online milik negeri Tirai Bambu ini di desain khusus untuk menyaingi Google Earth, secara bersamaan memberikan layanan serupa kepada penduduk Cina. Selain itu sebagai respon atas penundaan Google meminta ijin operasi untuk Google Earth di negeri itu.

Adalah pihak SBSM atau China State Bureau of Surveying and Mapping yang menyusun juga mengumumkan peluncuran Map World dua hari lalu, dan layanan ini dapat di akses via dua situs berikut: www.tianditu.cn dan www.chinaonmap.cn.

Tidak lama lagi, Map World akan menjadi layanan map online kebanggaan milik Cina dan terbukti handal”, menurut Xu Deming, direktur SBSM.

Tampilan muka dari kedua situs Map World adalah tembok Cina dengan awan diatasnya berbentuk benua. Dan menurut SBSM persiapan membuat layanan map ini membutuhkan waktu sekitar dua tahun termasuk mengambil gambar-gambar dari satelit dari tahun 2006 hingga 2010.

Map

Lebih lanjut SBSM mengatakan bahwa Map World masih dalam tahap awal, membutuhkan lebih banyak infrastruktur lagi untuk meningkatkan kinerjanya dan menyaingi Google Earth. Kini Map World hanya memiliki 80 mesin virtual untuk menangani 10 juta permintaan peta secara rutin, sedangkan Google Earth memiliki ribuan mesin virtual.

Kami berharap layanan kami dapat rutin mengupdate data geologi setiap dua kali setahun, namun Google Earth dapat mengupdate informasi setiap beberapa menit saja, melalui satelit, kata SBSM.

Sepertinya tidak ada kata rujuk nih antara Google dan Cina, setelah kejadian akhir tahun lalu, dimana pemerintah Cina di tuduh sebagai dalang penyerangan cyber di sejumlah layanan milik Google, yang memaksa perusahaan Mountain View menutup akses kepada mesin pencari mereka dan memindahkannya ke Google Hongkong.


More from Rumah Abi


^ Back To Top