Search for
Login | Username Password Forgot? | Email: | Create Account
Non English | Entries: 77 | Views: 23 | Modified: 2 hours ago | | Add to My Feeds
Report
Senjata makan tuan itu yang terjadi pada ponsel saya, akibat dari kerjain teman yang sering miscall, lalu saya balas dengan mengirim 2000 SMS ke ponselnya pakai aplikasi Xsms, eeeh... setelah itu malah E63 saya yang jadi error alias tidak bisa kirim SMS, tiap mau kirim SMS gagal terus dan ada peringatan "Memori penuh, tutup sebagian aplikasi dan coba lagi".

Tadinya ponsel mau saya reset pakai cara *#7370#, tapi biasanya sebelum di reset mesti dipindahin dulu file-file penting seperti daftar nomor kontak, catatan, file foto yang ada di memori ponsel, dan lainnya ke kartu MMC. Belum lagi aplikasi yang sudah terpasang di ponsel harus di pasang ulang dan saya mesti cari file mentah aplikasinya dulu buat di pasang lagi. Kalau tidak di pasang ulang, aplikasi di ponsel pada kagak ada alias hilang kecuali aplikasi bawaan ponsel. Tapi ponsel teman yang habis saya kerjain, ponselnya jadi hang, wkwkwk...jahat yah! Jangan ditiru ya kawan, tidak baik, hehehe...

Akhirnya saya ketemu trik nya biar ponsel tidak jadi di reset dan bisa kirim SMS lagi, yaitu dengan mencari file smssegst.dat di drive C:\Private\101f7989\sms.

File smssegst.dat adalah file yang berisi rekaman pesan yang terkirim dan dalam keadaan normal bisa di reset (di nol-kan) dengan cara menghapus SMS di folder terkirim/sent lalu restart ponsel. Tapi bila sudah terlanjur error, cara seperti ini kemungkinan besar tidak berhasil. Jadi jika ponsel Anda tidak dihack dan Anda tidak mau mengalami masalah seperti SMS tidak terkirim karena "Memori penuh" maka sebaiknya Anda harus selalu melakukan reset berkala pada file smssegst.dat ini. Atau bisa juga dengan memperkecil jumlah maksimal pesan terkirim yang tersimpan via pengaturan olah pesan. Sehingga ukuran file smssegst.dat bisa dikontrol dan tidak membengkak.

Oke, ikuti langkah-langkah di bawah ini biar ponsel Anda bisa kirim SMS lagi:
1. Pastikan ponsel sudah dihack, cara hack ponsel ada postingnya di blog ini.
2. Ganti profil ke Offline.
3. Buka aplikasi ROMPatcher, apply patch Open4All RP+ agar terbuka folder Private nya.
4. Masuk ke C:\Private\101f7989\sms (gunakan X-plore atau file manager yang mampu menampilkan folder sistem).
5. Hapus file smssegst.dat.
6. Restart ponsel.
7. Dan kembalikan ke profil semula.


Perhatian!!!

* Nomor 6 dan 7 wajib urut, restart ponsel Anda dulu baru ganti profil, jika tidak urut maka akibatnya tidak bisa kirim SMS lebih dari 160 karakter. Kalau sudah terlanjur ulangi dari langkah awal.


Selamat mencoba.

More from Blog Tips


^ Back To Top